_

_

"The Jakmania Banjarnegara, Kanggo Persija Apa Bae Tak Lakoni"
Home » » Belajar Menjadi Suporter

Belajar Menjadi Suporter

Menjadi seorang suporter saat ini mungkin sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Entah menjadi benar - benar seorang suporter yang selalu hadir di tribun untuk mendukung kesebelasannya berlaga, atau menjadi "Suporter Cafe" saat team kebanggaannya berlaga. Menjadi seorang suporter terutama suporter klub lokal tidaklah murah. Ada biaya yang harus dikeluarkan dengan jumlah yang lumayan menguras tabungan apalagi untuk ukuran kantong anak sekolah atau mahasiswa sekalipun.

Itu semua belum termasuk untuk membeli segala pernak - pernik semisal syal, jersey, ataupun yang berhubungan dengan klub kebanggaan. Belum lagi trend casual yang sekarang marak terjadi. Sepatu dengan brand luar negeri serta atribut lainnya yang sudah pasti harganya tidak murah, belum lagi waktu yang harus dihabiskan saat menyaksikan klub kebanggaanya berlaga. Dari berangkat ke stadion sampai pulang dari stadion. Apalagi kalau team kebanggaanya itu sampai tandang ke luar kota. Itupun masih ditambah dengan harus mengatur waktu apabila ada jadwal kumpul dengan komunitasnya.

Disini persoalaan muncul. Saat usia beranjak dewasa dan keinginan untuk mencari jati diri muncul, waktu adalah sesuatu yang sangan mahal harganya. Ada banyak kepentingan yang harus dipenuhi. Kumpul bersama dengan komunitasnya atau kumpul bersama teman main bahkan kumpul dengan keluarga. Ada orang yang bisa membagi waktu dengan mudahnya karena ada prioritas - prioritas yang sudah dibuat dan tidak sedikit yang mengeluh karena tidak punya waktu luang lebih banyak.

Akhirnya, dibutuhkan kesungguhan hati dan ketulusan saat kita benar - benar ingin menjadi seorang suporter. Tidak cukup hanya chant semangat yang sering kita teriakan saat mendukung team kebanggaan atau status loyalitas tanpa batas di akun media social yang kita punya. Dibutuhkan tenaga ekstra, pikiran ekstra dan kemampuan manajerial yang baik dalam segala hal seperti mengatur waktu, keuangan serta menjaga kondisi tetap fit agar sewaktu - waktu bisa tetap mendukung team kebanggaan berlaga.

Kalau masih belum bisa juga mengatur segalanya dengan baik, SAMA. Karena itu mari kita belajar bersama. Seberat apapun beban apabila kita mencoba untuk mengangkatnya bersama - sama tidak akan terasa berat jadinya. Yakinlah, apa yang kita pelajari di komunitas ini akan berguna dikehidupan kita nanti. itu pasti karena dari sini kita dituntut untuk menjadi manager yang handal minimal untuk diri kita sendiri. Tapi, semua pilihan ada ditangan kita sendiri karena ini hidup kita dan kita yang memutuskan seperti apa hidup kita kelak.


Tulisan salah seorang anggota @JakMania_Bara
Teguh Suprianto
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : All Crew The JakMania Banjarnegara | @JakMania_Bara |
Copyright © 2014. The JakMania Banjarnegara - All Rights Reserved
Template Modify by AR
Proudly powered by Blogger